Jumat, 09 Januari 2009

Kelemahan & kelebihan Busway

Transjakarta atau yang biasa kita sebut Busway ini adalah angkutan umum pemerintah yang sedang gencar-gencarnya untuk memperluas koridornya saat ini. Seperti yang kita ketahui sudah banyak sekali koridor yang telah dibangun pemerintah untuk kelancaran angkutan umum khususnya di kota Jakarta yang serba macet ini. Tujuan awalnya dibuat Transjakarta ini adalah untuk mengurangi kemacetan di Kota Jakarta, namun ternyata hanya segelintir orang yang menggunakan angkutan pemerintah ini. Masyarakat yang menggunakan busway adalah masyarakat yang memang menggunakan angkutan umum sebelumnya dan sekarang beralih menggunakan busway.

Memang angkutan pemerintah ini mempunyai kekurangan dan kelebihan, tetapi pada dasarnya memang harus diperbaiki semua kekurangannya agar masyarakat lebih nyaman dalam menggunakan jasa ini.


Kekurangannya adalah letak berdirinya penumpang jika bus terisi sangat penuh. Saya yang merasakan sesaknya busway pada saat jam pulang kantor itu teramat menyiksa, apalagi jika sang supir busway ngerem mendadak. Dia tidak mengetahui bahwa letak berdiri penumpang di dalam busway itu sangat tidak nyaman, karena hanya dapat berpegangan pada satu pegangan dan itu bs digunakan oleh beberapa orang jika bus terisi sangat penuuuh…selain dengan letak berdiri penumpang, busway koridor 6 jurusan ragunan – dukuh atas sangat lama sampainya..mungkin dikarenakan jalanan yang macet sehingga bus tertahan, tetapi dari pengalaman saya juga, saya bisa menunggu busway datang itu 15menit sekali, belum lagi jika harus menunggu untuk mengantri dan busway tersebut hanya dapat mengangkut hanya 5orang sedangkan yang mengantri di halte tersebut sangatlah banyak. Terlebih lagi di halte dukuh atas II tempat transit koridor 6(Ragunan),4(Pulogadung) dan 1(Blok M) pada saat jam pulang kantor antiran bisa mencapai 100meter, hampir menutupi jalan jembatan yang kearah BlokM, mereka bisa menunggu hingga berjam-jam untuk mendapatkan bus yang kearah Pulo Gadung atau Ragunan tersebut. Ini adalah beberapa kekurangan dari penggunaan busway. Diharapkan pemerintah dapat segera menindak lanjuti kekurangan yang terjadi di berbagai koridor ini.

Selain kekurangan yang terjadi diatas ada juga kenyamanan yang kita dapat dari busway ini adalah tempat yang nyaman, karena busway ini dilengkapi oleh AC yang dingin serta pelayanan yang memuaskan (tapi bukan pada saat jam pergi atau pulang kantor yha!!!!kalau yang ini sih udah ga bisa ditolerir lagi..dimana-mana serba macet, penuh, sehingga kita harus lebih sabaar), jalanan menjadi serba cepaaatt karena bus ini mempunyai jalur khusus sehingga kita akan bisa cepat sampai ditujuan.

Memang semua angkutan memiliki kekurangan dan kelemahan masing-masing tapi kita juga harus bisa mengikuti peraturan yang ada jika kita tidak mau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.(Richard/foto:pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar